Tips Menjemput Jodoh

    Author: Unknown Genre: »
    Rating

    Waktu mau nulis artikel ini aku sempat mikir, aku yang belum punya jodoh kok ya gaya bener mau ngasih tips mencari jodoh untuk orang lain. Seperti sudah punya jodoh aja, :p hehehehe...... Tapi ya sudahlah, anggap saja ini berbagi ilmu. Kebetulan ilmunya juga aku dapat dari majalah sedekah bulanan (baca: Al-Falah punyanya YDSF). Daripada penasaran seperti apa cara mendapatkan jodohnya, berikut tips yang akan aku berikan untuk pembaca. Cekidot.....

    1.   1.     Memperbaiki kualitas diri
           Jodoh kita hakikatnya adalah cerminan diri kita.bagaimana mungkin kita menginginkan jodoh pasangan yang sholehah dan rajin mengaji jika kita adalah seseorang yang tidak sholeh dan banyak menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak bermanfaat.
      2.      Bersikap realistis
          Realistis maksudnya tidak terlalu berkhayal dalam menentukan pasangan hidup. Harapan yang terlalu tinggi terhadap calon pasangan kita. Justru akan menimbulkan kekecewaan yang besar dalam diri kita.
      3.      Membangun jaringan dan komunikasi yang baik dengan orang-orang sholeh
           Poin ini juga sangat penting. Dengan membangun jaringan dan komunikasi dengan orang sholeh, maka diri kita turut menjadi pribadi yang sholeh.
      4.      Komitmen dengan proses yang syar’i
          Tidaklah suatu keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warohmah bisa dibentuk melalui prose yang diharamkan oleh Allah. Kebahagiaan dan ketenangan adalah milik Alllah dan tidak mungkin diberikan kepada orang yang tidak mengingatNya
      5.      Bermohon dan tawakal kepada Allah
           Salah satu bentuk doa adalah dengan sholat istikharoh ketika ingin menentukan suatu pilihan. Misalnya karena adanya beberapa pilihan calaon pasangan. Jangan mengandalkan emosi sesaat atau keputusan logika saja. Dan tetap tawakal atas apapun yang ditentukan oleh Allah. Yang perlu dilakukan cukup memaksimalkan usaha dan yang menentukan adalah Allah atas usaha kita. Insya Allah, jika kita sudah melakukan yang terbaik, maka hasil yang kita dapatkan pun adalah sesuatu yang terbaik. 


    Doa Meminta Jodoh Yang Baik
    Untuk laki-laki:
    ROBBI HABLII MIILANDUNKA ZAUJATAN THOYYIBAH AKHTUBUHA WA ATAZAWWAJ BIHA WATAKUNA  SHOIHIBATAN LII FIDDIINI WADDUNYAA WAL AAKHIROH
    “Ya Robb, berikanlah kepadaku istri yang terbaik dari sisi-Mu, istri yang aku lamar  dan nikahi, yang menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat.”
    Untuk perempuan:
    ROBBI HABLII MIILANDUNKA ZAUJATAN THOYYIBAN WAYAKUUNA  SHOHIBAN LII FIDDIINI WADDUNYAA WAL AAKHIROH
    “Ya Robb, berikanlah kepadaku suami yang terbaik dari sisi-Mu, suami yang menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat.”

    Leave a Reply