Life Human like a Bird

    Author: Unknown Genre: »
    Rating


    Pernah suatu hari aku memandang langit di sore hari. Saat itu, burung-burung mulai kembali ke peraduannya setelah setengah hari mereka terbang kesana kemari mencari makan. Terbesit dalam pikiranku kala itu "enak benar ya si burung, bebas pergi kemana pun mereka mau. Tidak ada yang mengatur mereka, tidak ada yang mengekang mereka." Tapi, setelah aku mengerti dan paham, hidup burung itu ternyata tidaklah mudah. Setiap pagi terbang itu bukanlah karena mereka bisa terbang bermain bebas kesana kemari di angkasa kemudian setelah sore tiba mereka puas dan kembali beristirahat karena lelah. Tapi, ada beban dan tanggung jawab yang harus mereka pikul untuk dirinya dan keluarganya. Jika pada hari itu burung tidak mendapatkan makanan, entah apa yang akan terjadi pada dirinya atau pun keluarganya. Jika pada saat itu mereka tidak mendapatkan makanan, saat itu juga mereka akan kelaparan bahkan bisa juga mati.

    Kalau di pikir-pikir, manusia atau pun burung, hidupnya tidak jauh berbeda. Jika manusia tidak berusaha, maka dirinya tidak akan mendapatkan apa-apa. Hmm... walau kelihatannya hidup burung itu sepertinya mudah, tapi tahukah kamu bahwa di setiap kepakan sayap burung itu ada sebuah perjuangan yang burung perjuangkan untuk melanjutkan hidupnya sekali pun pada saat itu burung akan menghadapi bahaya yang tidak terduga. Entah itu tiba-tiba si burung di tembak oleh pemburu atau dirinya di mangsa oleh pemangsa.

    Burung mengepakkan sayapnya sedangkan manusia melangkahkan kakinya.
    Tujuannya hanya satu dan itu pun sama yaitu, untuk menyambung hidup mencari rezeki dari Allah SWT agar mendapat ridhoNya.

    Leave a Reply